G-20 Minta Anggotanya Turunkan Jumlah Utang

Jakarta – Pemerintah menyatakan krisis utang di Eropa perlu diwaspadai karena bisa menghambat pertumbuhan ekonomi dunia yang sudah dalam kondisi yang baik. Forum negara anggota G-20 meminta anggotanya untuk segera menurunkan jumlah utangnya sehingga terhindar dari dampak krisis utang yang terjadi di Eropa saat ini.

“Jadi ada 1 yang perlu diwaspadai adalah pertumbuhan ekonomi dunia lebih bagus dari yang diperkirakan artinya perkembangan 2010 cukup bagus. Tetapi kita mewaspadai perkembangan ekonomi di Eropa dan itu diwaspadai sama-sama karena bisa menghambat pertumbuhan ekonomi dunia yang sudah dalam kondisi yang baik,” ujar Menteri Keuangan Agus Martowardojo saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Senin (7/6/2010).

Agus menyatakan krisis Eropa ini sempat menjadi pembahasan dalam pertemuan para menteri keuangan negara G-20 di Busan, Korea Selatan, pekan lalu. Dia menceritakan bahwa banyak dari negara yang mengalami defisit APBN hingga 8-10%. Untuk itu, forum tersebut merekomendasikan untuk melakukan konsolidasi fiskal bagi negara-negara yang punya ratio utang yang tinggi diharapkan berani untuk bisa menurunkan rasio utangnya.

“Jadi kita membicarakan di situ negara-negara di dunia diharapkan bisa menjaga fiskalnya dengan cara konsolidasi yang baik dan itu membuat kita semua waspada tapi kita tahu di Indonesia sekarang ini sedang diusulkan kebijakan ekonomi makro dan kebutuhan pokok fiskal 2011. Di 2011 saja kita punya rencana defisit APBN akan diturunkan dari 2,1 menjadi 1,7% itu sejalan dengan signal yang di sampaikan di G-20,” jelasnya.

sumber : detik

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s