Israel Tolak Pengadilan Internasional

WASHINGTON, KOMPAS.com — Israel tidak akan mengambil bagian dalam penyelidikan internasional atas penyerbuan pasukannya terhadap kapal yang berusaha menembus blokadenya ke Jalur Gaza, kata Duta Besar Israel untuk Washington, Minggu (6/6/2010).

“Kami menolak gagasan mengenai komisi internasional,” kata Michael Oren kepada Fox News Sunday.

“Israel sebuah negara demokrasi. Israel memiliki kemampuan dan hak untuk melakukan penyelidikan sendiri, tidak diselidiki oleh badan internasioal,” tambahnya.

Diplomat Israel itu mengatakan, pemerintahnya berunding dengan pemerintahan Presiden Barack Obama mengenai “sebuah cara tempat penyelidikan kami berlangsung”, namun tidak akan memenuhi tuntutan sejumlah negara bagi penyelidikan independen atas penyerbuan 31 Mei itu, yang menewaskan sembilan orang.

Oren mengatakan, insiden itu tidak membuat tegang hubungan antara Israel dan pemerintahan Obama. “Secara pribadi saya mengatakan bahwa selama beberapa hari kerja dengan pemerintah, saya tidak pernah mendengar kecaman, tidak pernah ada komentar kebencian sama sekali,” katanya.

Israel menyulut amarah dunia ketika pasukannya membunuh sembilan aktivis selama penyerbuan terhadap kapal bantuan pada Senin pagi. Hubungan Israel-Turki terperosok ke tingkat terendah sejak kedua negara itu mencapai kemitraan strategis pada 1990-an.

Kekerasan parah dalam penyerbuan menjelang fajar Senin oleh pasukan Israel terjadi di kapal Turki, Mavi Marmara, yang memimpin armada kapal bantuan menuju Gaza.

Israel berkilah bahwa penumpang-penumpang kapal itu menyerang pasukan, namun penyelenggara armada kapal itu menyatakan bahwa pasukan Israel mulai melepaskan tembakan begitu mereka mendarat.

sumber : kompas

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s